Rabu, 31 Juli 2013

PSIKOLOGI WARNA DALAM ARSITEKTUR


Warna merupakan salah satu elemen penting dalam arsitektur. Sebuah objek yang serupa tapi diberi sentuhan warna yang berbeda akan menimbulkan kesan yang berbeda pula. Tiap-tiap warna dan karakternya mampu memberi efek secara psikologis tersendiri bagi orang yang melihat. Karakter-karakter tersebut antara lain:
Putih
Memberi arti keaslian, kesan ringan, polos dan murni. Bila terlalu banyak, menimbulkan perasaan dingin, steril, dan terisolasi.
Merah Muda
Melambangkan kasih sayang dan perasaan romantis, kesan lembut serta sosok orang muda bahkan anak-anak.
Merah
Memberi kesan dinamis, enerjik, komunikatif, aktif, bersemangat, sensual, mewah, dan bersifat menstimulasi. Bila terlalu banyak, bisa merangsang perilaku agresif.
Oranye
Menggambarkan sosialisasi yang bersahabat, percaya diri, ramah dan kesan penuh harapan, kreativitas serta vitalitas. Bila terlalu banyak, bisa merangsang perilaku hiperaktif.
Kuning
Mampu memancarkan kehangatan, cahaya dan cerah, memberi inspirasi, mendorong ekspresi diri maupun kemampuan intelektual.
Ungu
Dekat dengan aura spiritualitas, magis, misterius, menarik perhatian, memancarkan kekuatan, menambah imajinasi, sensitivitas dan obsesif.
Biru
Menghadirkan kesan teduh, dingin, hening, damai, tentram, harmonis, dan merangsang kemampuan intuitif. Namun, bila terlau banyak, bisa menimbulkan kelesuan.
Hijau
Menyiratkan kesan alamiah, segar, tenang, sejuk, mendorong perasaan empati, meredakan stress dan menyembuhkan. Tapi bila terlalu banyak bisa menimbulkan kesan terperangkap.
Cokelat
Berkesan natural, membumi, stabil, menghadirkan kenyamanan, keyakinan, keamanan, kesan elegan dan akrab. Bila terlalu banyak bisa berkesan berat atau kaku.
Hitam
Mengandung kekuatan, penuh percaya diri, kesan maskulin, dramatis, penuh perlindungan, klasik dan megah. Bila terlalu banyak bisa menimbulkan perasaan tertekan.
Abu-abu
Menggambarkan kesan serius, damai, independen, dan luas. Bila terlalu banyak, bisa memberi kesan tidak komunikatif.
Agar tidak monoton, warna-warna tersebut dapat dikombinasikan satu sama lain dalam beberapa cara. Yang pertama adalah kombinasi kontras atau komplementer, contohnya warna merah-hijau. Kombinasi seperti ini mampu menimbulkan kesan dinamis, dominan, atau kuat.
Yang kedua adalah kombinasi analog, yaitu kombinasi antara warna-warna yang memiliki karakter serupa, misalnya kuning-oranye. Kesan harmonislah yang dimunculkan oleh kombinasi macam ini.
Berikutnya, kombinasi monokromatis yang memadukan warna-warna dengan intensitas yang sama seperti gradasi ungu tua, ungu muda, dan warna pastelnya.
Terakhir adalah kombinasi kompleks yang memadukan warna apa saja. Kunci dari kombinasi ini adalah kuantitas warna yang dipakai. Untuk menghindari kesan monoton, gunakan satu warna yang dominan dan yang lain hanya sebagai aksen.

1 komentar:

  1. Ketika datang untuk merancang dapur modular, perencanaan tata letak, dan layanan desain interior, di situlah Sarae muncul. Kami menawarkan kepada klien kami layanan Kitchen Set Bandung terbaik dengan kualitas dan furnitur mengesankan dan bahan dapur lainnya. Dapur adalah tempat di mana setiap orang menghabiskan sebagian besar waktunya. Untuk alasan ini, itu harus mengesankan, layak dan berfungsi dengan baik.
    https://www.sarae.id/featured_item/kitchen-set/

    BalasHapus