Sabtu, 27 Juli 2013

ARSITEK TERKENAL DI DUNIA

      Berikut ini adalah beberapa arsitek yang sangat jenius di bidangnya, karya-karya mereka begitu abadi sebagai sebuah bangunan yang memiliki keunikan dan cirikhas tersendiri sehingga tidak ada duanya di dunia ini, siapa sajakah mereka.??
1. Frank Lloyd Wright
      Frank Lloyd Wright adalah nama yang sangat akrab di dunia ilmu arsitektur, karena beliau sudah menyumbangkan banyak pemikiran-pemikiran jeniusnya di dalam ilmu arsitektur dan sampai sekarang asih banyak dijadikan panutan dalam merancang obyek arsitektur.
Gambar
      Frank Lloyd Wright (8 Juni 1867 – 9 April 1959) adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an. Rumahnya terkenal dengan julukanRobbie House, yang tata ruangnya seperti jaringan jalan yang ruwet dan jendela kaca bernoda geometris. Informasi rumah itu bisa didapatkan dalam buku The Wright 3 karya Blue Balliet. Frank Lloyd Wright memegang jimat khusus dalam bentuk ikan Jepang nefrit.
robie house

Robie HouseKarya : Frederick Robie House, the Avery dan Queene Coonley House, Falling Water


2. Le Corbusier
Gambar
      Charles-Edouard Jeanneret, yang dikenal dengan sebutan Le Corbusier (October 6, 1887 – August 27, 1965), adalah seorang arsitek dan penulis kelahiran Perancis-Swiss, yang sangat terkenal karena kontribusinya pada modernisme atau international-style.
Le Corbusier adalah seorang ahli dalam teori-teori desain modern dan beliau sangat berdedikasi dalam menghasilkan kehidupan yang lebih baik pada kota dan tempat tinggal yang cukup padat. Kariernya berjalan selama lima decade dengan begitu banyak bangunan yang telah dibangun tersebar di sepanjang Eropa, India, Rusia, dan dua di Amerika. Ia juga seorang perancang kawasan, pelukis, pematung, penulis, dan perancang modern furniture. Ia mengembangkan serangkaian gaya yang amat bersifat perorangan, mempengaruhi rancang bangunan di seluruh dunia, dan hingga saat ini masih merupakan arsitek terkenal dari Amerika Serikat.
notre dame church

Gereja Notre Dame

Karya : Chapelle Notre Dame du Haut, Villa Savoye


3. Zaha Hadid
      Arsitek Wanita Terkenal yang berani, julukan Zaha Hadid sebagai tonggak eksistensi desain-desain futuristik dan menggabungkannya dengan teknologi mambuat namanya akan terus dikenang di sepanjang masa di dunia arsitektur, latar belakangnya yang seorang ahli matematika membuat dia berani mebuat desain-desain ekstrim yang sampai saat ini kita sebut ” Arsitektur Dekonstruksi”.
Gambar
       Zaha Hadid lahir pada tahun 1950 di Baghdad, Irak. Dia telah menjadi salah satu arsitek paling terkenal dan paling berani di dunia. Bangunannya pernah  dinominasikan untuk Penghargaan bergengsi termasuk MAXXI (2010), Stasiun Kereta Api Kabel Nordpark (2008), Phaeno Science Centre (2006) dan BMW Central Building (2005).
gaya desain dari seorang Zaha Hadid bisa disebut desain yang berani, kontempror, organik, inovatif, menggunakan teknologi dengan material yang jauh dari kata ‘biasa’.
Bmw Central Building

BMW Central BuidingKarya : Zaragoza Bridge Pavilion, BMW Central Building, MAXXI (Museum Of XXI Century Arts)


4. Frank Owen Gehry

       Frank Owen Gehry, (nama lahir Ephraim Owen Goldberg di Toronto, Ontario pada 28 Februari 1929) adalah seorang arsitek berkewarganegaraan ganda Amerika Serikat dan Kanada. Pemenang Penghargaan Pritzker tahun 1989.

     Gehry dikenal akan pendekatan ukiran ke desain bangunan dan untuk membangun struktur yang berkurva, dan seringkali dibungkus dengan logam yang mengkilat. Gedung yang dirancangnya, termasuk tempat tinggal pribadinya di Santa Monica, California, telah menjadi atraksi wisatawan. Banyak museum, perusahaan, dan kota mencari jasa Gehry sebagai simbol pembedaan, untuk segala produk yang dibuatnya.


       Pada tahun 1947, Frank pindah ke California, bekerja sebagai supir truk barang sambil kuliah di Los Angeles City College, dan akhirnya lulus dari Sekolah Arsitektur Universitas Southern California

    Setelah lulus pada tahun 1954, Frank tidak langsung bekerja di bidang arsitektur, melainkan bekerja di sejumlah tempat yang tidak ada kaitannya dengan arsitektur, termasuk menjadi anggota militer Amerika Serikat. Frank sempat belajar tata kota di Harvard Graduate School of Design, namun berhenti sebelum lulus. Setelah itu, Frank menikah dengan Anita Snyder, dan mengganti namanya dari Frank Goldberg menjadi Frank Gehry. Setelah bercerai dengan Snyder pada tahun 1960-an, Gehry menikah dengan Berta, istrinya yang sekarang. Dari perkawinan pertamanya, Gehry mendapat dua orang anak perempuan, sedangkan dua orang anak laki-laki didapatnya dari perkawinan kedua.
      Sebagai orang yang dibesarkan di Kanada, Gehry adalah penggemar berat olahraga hoki hingga sampai mendirikan liga hoki di kantornya. Piala Kejuaraan Dunia Hoki merupakan hasil desainnya pada tahun 2004.
museum guggenheim
Museum Guggenheim

Karya : Museum Guggenheim, Dancing House, Aula Konser Walt Disney
5. Mies Van Der Rohe

mies
       Nama Mies Van Der Rohe, bagi dunia arsitektur pasti sudah sangat populer. Namun, bagi masyarakat luas, mungkin jasa dan namanya belum dikenal luas.
Dia adalah seorang aristek yang mampu membawa angin baru dalam gaya bangunan. Mies dikenal dengan perintis arsitektur modern selepas Perang Dunia I. Pria berkewarganegaraan Jerman ini mampu menggebrak arsitektur bergaya klasik dan gothik yang sangat populer kala itu. Namun, dengan kehadiran karyanya mampu mengubah selera pasar dunia.
Seperti dikutip about.architekture.com, Selasa (27/3/2012), dia adalah arsitek yang mempopulerkan bangunan pencakar langit dengan lapisan kaca, meski dia bukan orang pertama yang melakukannya.
      Bersama temannya, Walter Gropius dan Le Corbusier mampu menciptakan gaya aristektur abad ke-20 yang kental dengan nuansa kesederhanaan yang ekstreem.
Karakter arsitektur buatan pria kelahiran 27 Maret 1886 ini, banyak memanfaatkan material modern seperti baja industri dan kaca pelat untuk menentukan ruang interior. Mies berupaya menciptakan arsitektur dengan sedikit kerangka struktur yang diseimbangkan dengan kebebasan ruang terbuka yang mengalir bebas.
      Pria yang mengganti kewarganegaraannya dari Jerman menjadi Amerika Serikat itu menyebut bangunan-bangunannya arsitektur “kulit dan tulang”. Mies mengambil pendekatan rasional yang dapat memandu proses kreatif perancangan arsitektur.
Setelah karyanya mendunia, lahirlah ragam asitek modern, seperti minimalis, internasional style dan strukturalism.
       Selain gedung, seperti disitat wikipedia.com. dia juga merancang furnitur modern dengan teknologi industri baru seperti kursi dan meja Barcelona, kursi Brno, dan kursi Tugendhat. Furniturnya dikenal karena harus dibuat dengan tingkat keahlian yang tinggi.
     Namun, pada 17 Agustus 1969, Mies menghembuskan napas terakhirnya. Setelah dikremasi, abunya dimakamkan dekat makam para arsitek Chicago terkenal di Graceland Cemetery, Chicago. Makamnya ditandai oleh ubin granit hitam dan pohon belalang madu besar.
      Selama 20 tahun terakhir hidupnya, dia mencoba untuk merefleksikan tujuannya untuk memberikan setiap orang tempat untuk menghabiskan hidupnya di zaman modern. Mies berusaha menciptakan ruang bebas dan terbuka yang terkurung oleh struktur minimalis.Profil Mies
Nama : Ludwig Mies van der Rohe
TTL : Aachen, Kerajaan Prusia, Kekaisaran Jerman, 27 Maret 1886
Wafat : Chicago, Illinois, USA, Agustus 1969 (pada usia 83 tahun)


Penghargaan :

- Order Pour le Mérite (1959)
- 2Royal Gold Medal (1959)
- AIA Gold Medal (1960)
- Presidential Medal of Freedom (1963)
farnsworth house
Farnsworth House


Karya Bangunan :

- Barcelona Pavilion
- Tugendhat House
- Crown Hall
- Farnsworth House
- 860-880 Lake Shore Drive Seagram Building
- New National Gallery
- Toronto-Dominion Centre
- Westmount Square. (rhs)


      Masih banyak Arsitek-arsitek terkenal dunia yang mempunyai pengaruh sangat besar di bidang arsitektur dunia, yang dengan kejeniusannya menjadi sebuah panutan untuk dipelajari dan di-explore lebih dalam lagi. seperti Tadao Ando, Lord Norman Foster, Antonio Gaudi, Richard Rogers, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar